Senin, 14 Mei 2012


RAPAT carcis dengan pak RT 07


WAKTU DAN TEMPAT

Rumah pak RT 07, Sabtu, 12 Mei 2012, jam 18.35- 20.00

PESERTA

1.   Pak wawan
2.   Heriawan
3.   Darmadi
4.   Mirna
5.   Gressia

PROGRESS DARI PAK RT

1.   Pada hari minggu, sekitar 3 minggu yang lalu telah dilakukan kerja bakti di tempat pembuangan sampah yang terletak di dekat tower. Tempat pembuangan sampah telah ditutup dan dialihkan ke Ciloa. Namun masih meninggalkan pro dan kontra dari warga sekitar.

2.   Tim yang dibentuk belum dapat bekerja dengan efektif (belum ada tindak lanjut dari sosialisasi yang 3 minggu lalu dilakukan), dikarenakan sibuk dengan pekerjaan pribadi.

3.   RENCANA YANG DISEPAKATI
a.    Pengomposan
Untuk bulan Mei ini akan dilakukan survei pembangunan tempat pengomposan. Selain itu juga akan dilakukan pembuatan desain, perhitungan biaya, pendataan keperluan-keperluan  material pembuatan saung pengomposan. Pembuatan tempat pengomposan sekitar akhir mei atau awal juni (belum keputusan akhir, akan di bahas kemudian).

b.   Pembuatan tangga
Selama ini warga membuang sampah dengan cara melemparkannya karena tempat pembuangan yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, akan dibuat tangga agar akses ke tempat pembuangan sampah menjadi lebih mudah. Pembuatannya bersamaan dengan pembuatan tempat pengomposan.

c.    Pembuatan peta jalur pengmbilan sampah
Sesuai dengan kesepakatan warga pada saat sosialisasi tiga minggu yang lalu, akan diadakan pembagian 3 daerah pengambilan sampah. Oleh karena itu, Pak RT akan mencarikan data kependudukan, seperti: jumlah rumah, dll.. Peta jalurnya akan kita buat sendiri sehingga dibutuhkan survei lagi.

d.   Perijinan
Karena pemilik lahan pembuangan sampah adalah ITB, pada bulan Mei kita bersama pak RT akan menemui SP ITB khusunya Ibu Lina.

e.   Batu-bata
Perlu adanya riset/ semacam penelitian sederhana untuk memberikan gambaran ke warga bagaimana mengolah abu sampah menjadi batu-bata.

f.     Pertemuan rutin
Setiap kamis setelah maghrib, tempat pak RT atau kosan Heri





Tidak ada komentar:

Posting Komentar